by

Cara Mengoptimalkan Kreativitas Anak Agar Mereka Semakin Berprestasi

Kreativitas Anak – Semua orangtua pasti menginginkan anak mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas, kreatif, dan tentunya berprestasi. Namun justru banyak orangtua yang belum paham bagaimana cara mengoptimalkan kreatifitas yang anak mereka miliki. Jika ada anak yang kurang pintar dalam bidang akademik kebanyakan orangtua mereka justru akan mengatakan bahwa sang anak bodoh. Padahal kemampuan akademik saja belum menjamin akan kesuksesan mereka di masa depan nanti. Hal yang paling penting adalah untuk mengembangkan kreatifitas dan kemampuan anak diantaranya  adalah dengan cara sebagai berikut :

1. Jauhkan Anak dari Gadget dan Televisi

Di era perkembangan teknologi sepertgi sekarang ini gadget atau smartphone adalah mainan yang wajar bagi anak-anak. Banyak orangtua yang menganggap itu bukan masalah karena hanya digunakan untuk bermain. Meskipun pada kenyataannya penggunaan gadget dan kebiasaan menonton televisi secara berlebihan dapat menghambat kreatifitas seorang anak. Mereka akan terbisa dengan gambar yang bergerak dan membuat mereka malas untuk melakukan aktifitas pembelajaran dasar yaitu membaca dan menulis. Oleh karena itu Anda sebagai orang tua sebaiknya membatasi penggunaan media hiburan elektronik untuk putra putri Anda dan buat anak-anak Anda melakukan aktifitas fisik agar kreatifitas mereka berkembang.

2. Beri Mereka Musik

Sudah banyak penelitian yang dilakukan dan menyatakan bahwa belajar seni musik membawa dampak yang positif untuk perkembangan kreatifitas anak. Musik dapat merangsang otak mereka untuk berkembang dan melatih agar motorik mereka juga bekerja. Anda tidak harus mengajarkan mereka musik klasik saja, boleh mengajarkan genre yang berbeda agar memperbanyak pengalaman dan pengetahuan sang anak.

3. Biarkan Mereka Berteman

Bersosialisasi dengan teman-teman atau orang-orang baru membawa banyak dampak positif untuk anak-anak. Tentunya perlu juga kita pastikan bahwa mereka bergaul dengan teman-teman yang baik. Berteman akan mengembangkan kemampuan mereka dalam berinteraksi dengan orang baru dan mereka dapat berkreasi bersama dengan teman-temannya.

4. Liburan yang Kreatif

Kreativitas Anak

Liburan tidaklah harus jauh dan mahal, yang terpenting dalam liburan adalah kita dapat membuat anak senang karena sesuai dengan minat mereka. Bakan hal ini dapat dilakukan dari rumah misalnya dengan mengajak mereka berkebun di halaman belakang, mendekorasi rumah, membuat kreasi pernak pernik, membuat mainan sendiri, dan masih banyak lagi. Bila memang perlu kita bisa mengajak bereka berlibur ke luar seperti melakukkan outbound misalnya. Dalam permainan outbound ada banyak permainan yang tidak hanya dapat mengasah kemampuan fisik mereka tetapi juga kreatifitas mereka dalam melalui rintangan.

5. Sesekali Katakanlah “Tidak”
Memiliki anak yang manja kadang bisa merepotkan orangtua, seorang anak yang manja akan sering merengek kepada orangtua mereka jika memiliki sebuah keinginan. Dan kebanyakan orangtua saat ini akan menuruti kemauan sang anak karena takut mereka menangis terus menerus, Padahal hal seperti ini akan membuat sang anak minim kreatifitas karena semua yang mereka inginkan selalu menharapkan dari pemberian oraangtua. Maka dari itu sebaiknya Anda sesekali bersikap tegas dengan berkata “Tidak” agar mereka memikirkan cara sendiri bagaimana memecahkan suatu masalah dengan cara lain selain merengek.

6. Melatih Kedua Sisi Otak Anak

Memiliki otak kiri yang cemerlang lagi-lagi belum cukup untuk menjamin apakah anak kita menjadi seorang yang sukses di masa depan. Sebaiknya selagi masih dalam masa perkembangan kita harus sering melatih kemam[puan otak kanan anak, karena seperti yang kita ketahui otak kanan adalah pusatnya kreatifitas manusia. Untuk melakukannya Anda dapat mengajak mereka menggambar, bernyanyi, membuat puisi, atau sebagainya untuk mengoptimalkan kreatifitas yang dimiliki.

Semoga bermanfaat!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed